Begini Caranya Merawat Lantai Cat Epoxy

Perawatan Lantai Epoxy

Lantai dengan lapisan cat epoxy mungkin selalu unggul dalam urusan kekuatan dan keawetannya. Akan tetapi bagaimanakah dengan cara perawatannya?

Cara perawatan lantai epoxy sendiri sebenarnya bisa dikatakan cukup praktis. Biaya yang dibutuhkan pun sangat murah, sehingga dijamin Anda tidak akan kerepotan dengan urusan perawatan.

Perawatan terpenting pada lantai epoxy tentu pada kebersihannya, kemudian perawatan permukaan dari benda-benda di atasnya dan sebagainya.

Tips Merawat Lantai Epoxy Agar Tetap Awet

Meskipun cat epoxy terbuat dari material berkualitas yang mampu memberikan kekuatan lebih pada lantai beton, akan tetapi hal ini bukan alasan bagi Anda untuk tidak merawat lantai epoxy tersebut. Perlu perawatan maksimal untuk membuat cat epoxy tetap indah dan memberikan kekuatan maksimal pada lantai.

Butuh Spesialis Jasa Epoxy Lantai? Silahkan kunjungi website Official Spesialis Jasa Epoxy Lantai berikut: Jasa Epoxy LantaiPT. Indojaya Multi Flooring

Di bawah ini adalah beberapa tips merawat lantai epoxy agar tetap awet.

1. Selalu Bersihkan Lantai

Meski terdengar simple dan sepele, akan tetapi debu yang menempel pada cat epoxy terlalu lama ternyata dapat merusak cat epoxy lho! Ya, butiran debu yang mengendap dan tertumpuk dengan benda berat sering kali mengakibatkan adanya goresan kecil pada lapisan epoxy. Selain itu debu yang menempel terlalu lama pada cat epoxy juga bisa membuat kilau cat berkurang.

Untuk membersihkan debu pada lapisan cat epoxy Anda bisa menggunakan vacuum cleaner kemudian dilanjutkan dengan mengepel lantai menggunakan cairan pembersih berbahan lembut. Jangan lupa untuk mengeringkan lantai menggunakan kain lembut.

2. Segera Bersihkan Kotoran Cair

Salah satu faktor yang dapat merusak lantai epoxy dalam kurun waktu cepat ialah cairan yang menempel pada cat epoxy namun dibiarkan begitu saja. Benar sekali, kotoran cair yang dibiarkan meresap ke dalam lapisan cat epoxy bahkan lapisan lantai beton maka akan sangat berpotensi merusak struktur lantai.

Oleh sebab itu, ketika ada tumpahan kotoran cair pada lantai epoxy segera bersihkan menggunakan kain lembut. Jika kotoran tersebut berupa minyak, Anda bisa menggunakan cairan pembersih tanpa air kemudian dibilas menggunakan air dan keringkan menggunakan kain kering.

3. Jangan Taruh Benda Berpermukan Tajam

Perlu Anda perhatikan disini, cat epoxy memang sangat recommended untuk lantai dengan beban berat akan tetapi tidak untuk benda yang memiliki permukaan tajam atau runcing. Sebab benda dengan permukaan tajam/runcing ini bisa membuat cat epoxy terkelupas dan rusak.

Lalu bagaimana dengan ruangan atau permukaan yang memang harus ditempati dengan benda berpermukaan tajam? Anda bisa menggunakan lapisan pelindung pada permukaan benda tersebut sehingga tidak merusak permukaan cat. Hindari pula menyeret benda berpermukaan tajam pada lantai epoxy.

4. Lakukan Pengecatan Ulang

Setelah beberapa tahun aplikasi, Anda juga perlu melakukan aplikasi ulang cat epoxy. Pengecatan ulang umumnya dibutuhkan ketika lantai sudah menunjukkan bercak, cat sudah mengelupas atau tanda kerusakan lainnya.

Sebelum diaplikasikan cat baru, pastikan Anda telah membersihkan lapisan cat epoxy lama terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan alat khusus sehingga tidak ada lapisa cat epoxy yang tersisa.

Nah jika Anda membutuhkan lapisan cat epoxy baru, Anda bisa segera hubungi kami PT. Indojaya Multi Flooring. Dimana kami merupakan kontraktor epoxy terbaik yang menawarkan layanan ke seluruh penjuru Indonesia, mulai dari Tangerang, Surabaya, Medan, Bali dan daerah lain.

Kualitas hasil yang kami tawarkan pun merupakan yang terbaik dengan jaminan material cat epoxy terbaik serta proses pengerjaan oleh tenaga professional. Untuk harga pun kami menawarkan harga paling menarik untuk Anda. Yuk cari tahu lebih lengkap dengan hubungi CS kami di nomer berikut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *